Rabu, 05 Oktober 2011

PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT


PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yangpaling sesuai dengan tujuan tersebut adalah :
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain.
Sumber: Kotler, 1997.
 Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).
Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual Sumber: Swasta, 1996.
Pengertian Manajemen Pemasaran
Penanganan proses pertukaran memerlukan waktu dan keahlian yang banyak. Manajemen pemasaran akan terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang diinginkannya. Dengan demikian, manajemen pemasaran dapat diartikan :
Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi
Sumber:(Kotler, 1997).

Peranan Pemasaran dalam Perusahaan  

Peran manajer pemasaran dalam perusahaan berkaitan dengan jenjang manajerialnya, yakni jenjang korporet, jenjang unit bisnis strategik, dan jenjang operasional atau fungsional. Perusahaan yang berharap dapat berhasil perlu memfokuskan pada pemasaran. Filosofi seperti ini, disebut Konsep Pemasaran sangat membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan mengutamakan kepuasan konsumen melalui koordinasi dan integrasi antara bidang pemasaran dengan bidang kegiatan lainnya. Manajer pemasaran harus bekerja dengan banyak bidang lain dalam perusahaan yang satu sama lain saling bergantung dan mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan.
Kegiatan-kegiatan pemasaran juga perlu dikoordinasikan dengan faktor-faktor lingkungan yang sebagian besar berada di luar kontrol perusahaan. Ini berarti bahwa perusahaan perlu lebih banyak mengarahkan karyawan melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran yang etis atau tidak bertentangan dengan norma lingkungan, dan produk-produknya memang aman sebelum diluncurkan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, keputusan tentang produk diintegrasikan dengan keputusan-keputusan menyangkut harga, distribusi, dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi, dikenal dengan istilah bauran pemasaran.
sumber:REQUESTARTIKEL.COM

PROSES MANAJEMEN PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN
Tugas-tugas Manajemen Pemasaran
Proses manajemen pemasaran dibahas menurut tahaptahapnya yang bermula dari penganalisisan pasar sampai dengan pengendalian pemasaran. Secara spesifik strategi dan perumusan strategi pemasaran diuraikan untuk memperjelas langkah-langkah penting yang harus dilakukan oleh seorang manajer pemasaran.
Sumber: REQUESTARTIKEL.COM
PERAN PEMASARAN DALAM MASYARAKAT
Pemasaran dalam kehidupan bermasyarakat sangat penting, karena pemasaranmenyangkut berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk bidang ekonomi dan sosial. Kegiatan pemasaran   berkaitan dengan mengalirnya produk dari produsen ke konsumen. secara garis besar fungsi pemasaran dapat dikelompokkan menjadi tiga bidang kegiatan yaitu :
1) Bidang kegiatan transaksi atau transfer, yaitu meliputi pembelian ( buying ) dan penjualan ( selling ).
2) Bidang kegiatan suplai fisik, meliputi pengangkutan (transportaion) dan pergudangan / penyimpanan (storage ).
3) Bidang kegiatan penunjang untuk memperlancar arus kegiatan transaksi dan arus barang, meliputi penjajaan ( merchandising ),standardisasi dan grade, pembelajaan (financing), penanggugan risiko (risk-talking) dan informasi pasar (market information).
Jadi, pada hakikatnya, pemasaran mencakup segala kegiatan dalam rangka memberikan kepuasan kepada konsumen dan upaya mendatangkan keuntungan bagi produsen,sehingga segala suber daya yang tersedia mempunyai nilai guna maksimal. Oleh sebab itu, Philip Kotler, seorang pakar bidang pemasaran, mendefinisikan manajemen pemasaran  sebagai analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pen pengendalian atas program-program yang dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang diinginkan dengan masyarakat sasaran, sehingga terpenuhi kebutuhan-kebutuhan pribadi atau kebutuhan bersama secara menguntungkan dengan menekankan pada penyesuaian dan koordinasi antara produk, harga, promosi, dan tempat untuk memperoleh tanggapan yang efektif.
sumber: Buku Ekonomi untuk SMU kelas 2 penerbit PT GALAXY PUSPA MEGA

.
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar